Belok Kanan Barcelona



Catatan Kecil Film Belok Kanan Barcelona 


Awal liat film ini, aku sangat antusias karena salah satu pemainnya adalah Mikha Tambayong yang berperan menjadi Retno. Bukan hanya ada Mikha, melainkan ada mantan personil SMASH, yaitu Morgan. Kisah dalam film ini menurut aku sangat komplit. Ada agama, persahabatan, asmara, dan perjuangan. Tidak melulu fokus pada asmara, film ini mengajarkan banyak hal. Misal 
1. Indahnya Persahabatan dan Menyikapinya.
Memang, alasan terkuat Retno menolak Francis karena karena beda. Hanya saja, Retno juga menjelaskan bahwa persahabatan lebih baik untuk mereka semua. Karena dalam persahabatan tidak pernah memandang bulu. Dalam artian, persahabatan bisa dengan beda RAS. 

2. Pencarian Tuhan dan Agama
Lagi-lagi Retno menjelaskan dengan sangat hati-hati untuk kehidupan masa depannya dan Francis. 
Retno : Jangan pindah agama hanya karena gue. Tapi, itu memang karena lo sudah menemukan apa yang lo cari.

Dalam Islam, memang untuk menjadi mualaf memang hanya semata-mata karena Allah SWT, bukan makhluk. Penggambaran kisah cinta beda agama sangat dikemas apik. Dan, karena aku percaya bahwa cinta beda agama memang tidak akan ada kata MENANG. Pasti salah satu di antara mereka ada yang kalah. Tidak mungkin dalam satu keluarga miliki dua pilot, dua arah. 

3. Keberuntungan dan Keberanian.
Seperti kata seorang penjual patunh di mana Ucup (Jusuf) membeli hadiah untuk Farah. Penjual tersebut berkata, "keberuntungan hanya didapatkan oleh mereka yang berani." Kata-kata ini sangat mujarab bagi Ucup. Dia berani mengambil tindakan berani dan berbahaya hanya untuk seorang Farah, demi cinta. Perjalanan untuk itupun benar-benar sangat berliku dan penuh tantangan. Mulai dari uang yang menipis, terjebak dalam sebuah peperangan, perjalanan yang jauh, ditangkap karena dicurigai salah satu teroris yang nama dan wajahnya hampir sama. Dan bukankah selalu ada kekecewaan yang pasti di alami? Farah dari dulu hingga sekarang hanya mencintai Francis. Tapi, kembali lagi, Keberuntungan tidak akan kita dapatkan bila kita tidak berani. Dengan sisa perasaannya yang kecewa, Ucup kembali mengejar Farah di airport, hingga bisa berbuah manis. How lucky man?

3. Asmara dan Hati.
"Lo tahu apa yang bikin gue kesel? Saat gue tahu nggak ada yang salah antara kita semua!" -Farah.

Kisah cinta yang tak berbentuk, tak beraturan. Retno dan Francis saling mencintai. Ucup mencintai Farah dan Farah mencintai Francis. Mereka sama-sama berjuang mendapatkan cinta masing-masing. Dengan segala rintangan, dan usaha yang berbeda. Retno terhalang agama, Francis yang terlebih dahulu mencari Tuhannya, Farah yang harus jatuh dan mau menerima hati yang lebih tulus, dan Ucup dengan kesabaran tinggi menunggu dan berjuang. Namun lagi-lagi, selalu ada hasil yang tak pernah mengecewakan usaha. 

Secara singkat, ini dulu yang saya tulis. Mungkin, apa yang aku rasakan malam ini tidak sama dengan teman-teman yang pernah menonton film ini terlebih dahulu. Namun yang pasti, kalian pasti merasakan perasaan yang kecampur aduk. Tentang bagaimana kisah ini yang sukses membuat aku menangis, haru, tertawa, dan bahagia. Semua itu ibaratkan bumbu pada masakan yang enak.

Besar harapan ingin ada kisah lanjutan, namun mungkin memang harus sampai sini kisah tersebut.

Probolinggo, 24 Maret 2019

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Gustira

Resensi Novel 'Love In Twilight'

Resensi Sunyi di Dada Sumirah