Belajar Dongeng Nusantara




Salam Sejahtera bagi seluruh sahabat Pena! 

Kali ini aku membawa sesuatu yang baru. Bukan baru banget sih, lebih tepatnya adalah aku yang baru belajar. Hehe 
Baiklah langsung ke topik.

Dongeng. Pertama kali mendengar kata dongeng, maka kita akan flashback tentang cerita-cerita pengantar tidur, kisah kancil dan kecerdikannya, atau malah saat kita disuruh guru membuat dongeng. 
Sebenarnya apa sih dongeng itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Dongeng adalah sebuah cerita rekaan yang bersifat fiktif atau tidak benar-benar terjadi.

Jadi, cerita dongeng itu bersifat fiksi. Dan artinya dongeng-dongeng Nusantara bahkan dongeng 1001 malam adalah sebuah cerita rekaan saja. Apa ciri-cirinya?
1. Bersifat rekaan atau fiksi
2. Memiliki amanat dan pesan moral
3. Bahasa yang mudah di pahami
4. Menghibur

Inti dari dongen sendiri memanglah menghibur pembaca dan memberikan pesan moral bagi seluruh pembaca melalui ceritanya. 

Mari kita telaah satu per satu beberapa dongeng yang terkenal.

1. Kancil dan Buaya
Cerita kancil dan kecerdikannya memang menjadi sebuah dongeng favorit anak-anak sebelum tidur. Dengan kecerdikannya, kancil seakan menjadi jalan keluar dari semua masalah. Inilah yang disukai oleh anak-anak. Selain sifat kancil yang suka mencuri timun dan nakal, kecerdikannya lebih banyak ditonjolkan. Amanat adalah semua permasalahan seberat apapun itu selalu memiliki jalan keluar apabila kita mau berfikir tenang dan menggunakan otak kita dengan sebaik-baiknya. Lewat dongeng inipun, anak-anak dilihatkan sifat terpuji lainnya.

2. Dongeng 1001 Malam. Dongen yang tak akan pernah habis. Dongeng Nusantara yang memiliki banyak pesan moral bagi anak-anak. Memang target pembaca untuk dongeng adalah anak-anak. Dikarenakan anak-anak lebih mudah diarahkan agar bisa mencerna seluruh pesan moralnya.

3. Legenda suatu daerah. Loh? Ini termasuk dongeng? Ada beberapa memang kisah nyata, namun pada umumnya memang tersaji dalam bentuk dongeng. Contoh, Batu Terbelah, Roro Jonggrang, Lutung Kasarung, dll

Ada lagi dongeng yang sering teman-teman dengar? Kalo aku pribadi lebih suka cerita Kancil yang Cerdik. Kancil sendiri memiliki banyak seri yang mudah kita temukan dibeberapa seri buku anak, bahkan beberapa web sudah dapat kita jumpai.

Sekian sekilas tentang dongeng yang saya sampaikan. Kedepannya mungkin aku akan belajar membuat dongeng hehe doakan saja 

Probolinggo, 29 12 2018

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Gustira

Resensi Novel 'Love In Twilight'

Resensi Sunyi di Dada Sumirah