Pramudya dan Semangat Motivasi

Yani, Just it
Assalamualaikum wr. Wb

Selamat Malam teman-teman penulis!
Pada malam ini, seperti yang telah dijadwalkan bahwa kita akan membahas tentang "Pramudya dan Semangatnya."

Sudah kenalan dengan Pramudya sendiri? Beliau adalah salah satu penulis yang banyak memotivasi penulis sekarang dengan semangatnya. 
Beberapa quotes yang ka tulis bahkan lekang hingga saat ini. Misalnya. 
1. "Menulis adalah sebuah keberanian."

Bagi Pramoedya, menulis adalah sebuah keberanian karena dalam menulis setiap orang bisa mengungkapkan setiap pendapat dan juga pikirannya. Selain itu, keberanian sangat kita butuhkan untuk menerima segala bentuk kritikan dan cacian dari tulisan kita. Tidak ada tulisan yang langsung bagus di awal kali ia lahir. Semua tulisan mengalami proses. Jadi, untuk apa kita takut bila kesuksesan hanya akan datang pada mereka yang berani. 

2. Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah."
Bagi Pramoedya, menulis berguna untuk membuatnya tetap hidup dalam hidup orang, walaupun ia telah tiada


Dan masih banyak lagi kata-kata penyemangat dari Beliau. 
Di sini saya juga ingin membahas dari sepak terjang seorang Pramudya Ananta sendiri. Bagaimana ia yang saat berada di Buru, ia dilarang menulis. Namun, Pram tidak bisa dicegah. Ia tetap menulis meski dalam kondisi dan situasi yang tidak mendukung sama sekali. Hingga lahirlah Buku Bumi Manusia yang hingga saat ini sangat viral dan bahkan menjadi film. 
Bagaimana perbandingannya dengan penulis saat ini?

Mungkin karena mereka belum memililki motivasi yang kuat, atau situasi yang terjepit seperti Beliau hingga mereka bisa memilih situasi dan kondisi yang bagaimana untuk menyamankan mereka menulis. Beberapa memilih menulis dan keramaian, keheningan, taman kota, setelah bangun
 tidur, dll.

Bahkan Pramudya bisa menulis meski ia berada di tahanan dengan udara yang sesak. Beliau bisa menciptakan banyak buku yang bermanfaat bagi semua orang.

Maka, saya harap, setelah kita membaca dan mengamati bagaimana seorang Pramudya di masa lampau, kita mulailah memperbaiki diri. Ada beberapa poin yang saya dapat dari kisah Beliau.
1. Berani. Jangan takut ditentang bila tulisanmu tidak sesuai dengan selerea mereka.
2. Mulailah menulis untuk memberi manfaat pada orang lain. Tulisan yang baik adalah tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.
3. Menulis untuk Peradaban
4. Menulislah di mana dan kapanpun. 

Mungkin ini hanya materi singkat yang saya rangkum. Dan pastinya akan sangat banyak kekurangan. Maka dari itu, semoga masih ada teman-teman yang bisa sharing dan saling berbagi. Terima kasih

Probolinggo, 19 11 18

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Gustira

Resensi Novel 'Love In Twilight'

Resensi Sunyi di Dada Sumirah