Resensi 3 Saudara 1 Hati

Yani, Just it

 

Cinta yang Sama
Judul                          : 3 Saudara 1 hati
Penulis                       : Syarifatul M
Penerbit                     : Arsha Teen
Terbitan                     : September 2017
Jumlah Halaman      : 191 Halaman

3 Saudara 1 Hati adalah sebuah novel yang diterbikan dari hasil project ABNT pada tahun 2017 lalu. Menceritakan bagaimana sebuah hubungan keluarga yang sangat rumit dan aneh. Sangat jauh dari kata keluarga harmonis. Sebuah hubungan keluarga yang seakan berdiri sendiri. Orang tua denga kesibukan kerja, dan saudara yang sibuk dengan urusan masing-masing.

Bercerita tentang anak pertama atau si Sulung, Nirmala. Memiliki watak yang cukup mandiri dan tangguh sebagai seorang Kakak. Di awal cerita bahkan aku merasa Nirmala ini hanya akan jadi angin lalu yang sekadar lewat dalam cerita, tapi ternyata Nirmala lah yang seakan penggiring cerita hingga ke akhir. Ditemani oleh lelaki special dalam hidupnya, Ardhi.

Anak kedua, Jovita. Wanita tomboy dengan sahabatnya Arthur. Memiliki sifat tomboy yang cuek. Namun, memiliki sebuah hati yang baik dan suka menolong. Andi, lelaki pertama yang berhasil membuatnya merasakan jatuh cinta. Jovita atau kerap disapa Vita paling tidak suka berteman dengan wanita. Hampir semua temannya adalah lelaki, tapi yang paling dekat memanglah hanya Arthur. Lelaki yang diam-diam menaruh rasa pada wanita tomboy itu. Hingga cinta pertamanya ternyata jatuh pada Andi bukan Arthur.

Si Bungsu, Adara. Cewek cantik yang masih menginjak SMU. Dari sini aku kira dia akan menjadi tokoh utama dari cerita karena Adara dan Reyhanlah yang menyambut cerita 3 Saudara 1 Hati ini. Adara dan Reyhan saling mencintai, tapi mereka sama-sama diam dan menikmati kedekatan yang terjalin. Hingga datanglah Dika. Lelaki yang berhasil membuat Adara berpaling dari Reyhan.

Bagaimana jadinya bila Ardhi, Dika dan Andi yang dibicarakan oleh ketiga saudara tersebut adalah satu orang? Ardhi Andika. Lelaki dewasa dan pekerja keras. Charisma yang dimilikinya ternyata mampu membuat 3 saudara jatuh hati sekaligus. Meski sejak awal, Ardhi hanya mencintai satu wanita, Nirmala. Teman semasa kuliahnya.

“Bukan sekadar ingin memiliki, dalam diam kusimpan cinta dalam hati.” –Adera Freedella

“Sahabat dan cinta, mereka dua hal yang berbeda.” –Jovita Clara

”Kita berdua sudah sama-sama dewasa, apa sesulit itu mengatakan bahwa kita saling suka.” –Nirmala Alyssa

Dari ketiga saudara yang mencintai satu lelaki yang sama membuat alur dan plotnya lebih menantang. Sebuah konflik keluarga yang saling tidak peduli juga menghiasi cerita ini. Hingga ada banyak amanat yang dapat kita petik dari ini. Keluarga bukan hanya membutuhkan aliran uang atau dana, melainkan juga kasih sayang dan cinta. Seperti itulah yang coba dijabarkan oleh Novel ini. Selalu ada kejutan dari terbongkarnya rahasia dalam keluarga tersebut. hingga cerita ini akan ditutup dengan menyatunya mereka di cinta masing-masing serta kasih sayang orang tua yang kembali di rasakan.

Keseluruhan aku sangat suka dengan cerita ini. Dengan bahasa yang ringan, penulis berhasil membawa setiap peristiwa terlihat bermakna dan tidak membosankan.

Probolinggo, 12 Oktober 2018

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Gustira

Resensi Novel 'Love In Twilight'

Resensi Sunyi di Dada Sumirah