Apakah Islam Nusantara?

Yani, Just it


Islam Nusantara, meski sudah banyak dan kerap kali terdengar istilah tersebut dari berita di televisi atau perbincangan seorang kyai dengan santrinya, nyatanya saya masih bertanya-tanya apakah islam Nusantara tersebut? 

Berdasarkan wikipedia, Islam Nusantara atau model Islam Indonesia adalah suatu wujud empiris Islam yang dikembangkan di Nusantara setidaknya sejak abad ke-16, sebagai hasil interaksi, kontekstualisasi, indigenisasi, interpretasi, dan vernakularisasi terhadap ajaran dan nilai-nilai Islam yang universal, yang sesuai dengan realitas sosio-kultural Indonesia. Istilah ini secara perdana resmi diperkenalkan dan digalakkan oleh organisasi Islam Nahdlatul Ulama pada 2015, sebagai bentuk penafsiran alternatif masyarakat Islam global yang selama ini selalu didominasi perspektif Arab dan Timur Tengah. 

Ciri-Ciri Islam Nusantara inipun bisa dibagi menjadi beberapa poin, yaitu:
1. Menggunakan pendekatan budaya simpatik dalam syiar islam
2. Moderat, rahmah dan anti radikal
3. Tidak merusak 

 Islam Nusantara dikembangkan secara lokal melalui institusi pendidikan tradisional pesantren. Pendidikan ini dibangun berdasarkan sopan santun dan tata krama ketimuran; yakni menekankan penghormatan kepada kyai dan ulama sebagai guru agama. Para santri memerlukan bimbingan dari guru agama mereka agar tidak tersesat sehingga mengembangkan paham yang salah atau radikal. Salah satu aspek khas adalah penekanan pada prinsip Rahmatan lil Alamin(rahmat bagi semesta alam) sebagai nilai universal Islam, yang memajukan perdamaian, toleransi, saling hormat-menghormati, serta pandangan yang berbineka dalam hubungannya dengan sesama umat Islam, ataupun hubungan antaragama dengan pemeluk agama lain.

Hadirnya istilah Nusantara jelas saja mengundang pro dan kontra bagi masyarakat atau aliran islam lainnya. Bahkan Muhamadiyyah, salah satu organisasi terbesar di Indonesi juga mengumumkan pendapatnya tentang Islam Nusantara ini. Meski tak menolak secara lansung, mereka tetap memperingatkan untuk menggunakan istilah ini secara hati-hati.

Itu saja, pemahaman yang mudah dan dapat saya tangkap dari istilah Islam Nusantara. Sadar bahwa apa yang saya tulis ini masih jauh dari sempurna, maka mohon maaf. 

Probolinggo, 23 September 2018 

Sumber ; 

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Islam_Nusantara (Diakses 23 September 2018)

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Gustira

Resensi Novel 'Love In Twilight'

Resensi Sunyi di Dada Sumirah